Test Drive Blog
facebook
rss feed
blog entries
log in

Selasa, 04 Februari 2014

TEST MT GARUDA INDONESIA


Setelah Anda lolos seleksi administrasi yang anda lamar melalui website http://garuda-indonesia.bridge2.co.id/ maka akan dilanjutkan dengan test sebagai berikut:

1. TEST PSIKOMETRI
Test ini bekerjasama dengan sebuah lembaga perekrutan dari PT ASI (Aneka Search Indonesia), dan untuk test PSIKOMETRI ini akan di lakukan secara online. Jadi pastikan pada saat akan mengerjakannya gunakan akses internet yang memadai. Test psikometri akan terdiri dari: Test analisis data, tes bahasa inggris, test pernyataan(dimana anda akan membaca sebuah paragraph pendek dan diakhiri dengan pernyataan apakah bisa ditentukan dalam artian dengan informasi yang disajikan di dalam cerita paragraph itu kesimpulan soal tersebut dapat dinyatakan benar, salah atau tidak bisa ditentukan), test kepribadian (ada sebuah pernyataan yang menunjukkan sikap tersebut sesuai dengan anda dangan pilihan benar, salah dan tanda Tanya), dan terakhir adalah test bahasa inggris . Untuk melihat tampilan test onlinenya bisa di klik disini


2.  TEST ASSESSMENT KOMPETENSI
Test masih dari lembaga PT ASI dan Anda akan diundang kesuatu tempat, dan ketika sampai anda diminta untuk menandatangani daftar hadir sebanyak dua rangkap, kemudian menandatangani surat pernyataan bahwa anda berada dalam keadaan sehat. Selanjutnya Anda diberi tanda nama dan diminta untuk berfoto. Disana anda akan mengikuti tes sebagai berikut:

-          Test  Analisis Data, Presentasi dan FGD
Anda akan diberi case sebagai konsultan di sebuah perusahaan PT X . Waktu pengerjaan analisis data selama 90 menit secara individu , kita diberi fasilitas laptop dan sudah tersedia alat bantu dari m.word, excel dan juga power point. Secara garis besar kasus yang diberikan bisa di download disini. Kemudian Anda akan masuk ke sebuah ruangan yang dilengkapi cctv dan alat perekam dan sekitar 4 sampai 6 orang akan masuk secara bersamaan

Sebagai saran untuk melakukan keefektifan dalam pengerjaan saya sarankan membaca dari lembar 2 terakhir karena disitulah inti dari yang akan kita buat dan langsung buat saja secara table agar lebih mudah memahaminya. Selanjutnya mundur kehalaman data berikutnya dengan melihat data analisis pasar yang ada lalu kaitkan dengan table yang anda buat. Selanjutnya baru membaca halaman awal yang memiliki paragraph yang panjang. Lalu buat laporan (pelajari bagaimana buat laporan di ms word), dan buat presentasi (di power point lebih baik jika masih ada waktu dan jika tidak bisa gunakan laporan sebagai presentasinya).
Setelah selesai 90 menit anda akan diberi instruksi untuk menyimpan filenya dan akan ada coffe break selama 10 menit lalu kembali keruangan untuk mempresentasikan hasil laporan anda. Setiap orang akan diberi waktu presentasi selama 10 menit dan Tanya jawab 7 menit dari rekan anda terhadap presentasi . Setelah semua selesai presentasi langsung FGD/ diskusi untuk keputusan akhir dari hasil presentasi dan menentukan kesimpulan bersama.

Setelah selesai diskusi anda akan diminta mengisi form evaluasi terhadap diskusi yang anda lakukan . Beberapa pertanyaan evaluasinya meliputi:
1. Apakah diskusi ini punya makna bagi anda sendiri?berikan alasan?
2. Sebutkan satu nama anggota kelompok anda yang ingin anda contoh? sebutkan alasannya?
3. Urutkan teman kelompok anda yang menurut anda dari yang paling terbaik?
4. Jika Anda diminta untuk diskusi kembali, apa yang anda akan lakukan(apa yang anda persiapkan)?

Tes wawancara HRD
Wawancara berlangsung selama 1- 1,5 jam. Berikut beberapa pertanyaan saat wawancara:
ingat instruksinya: jangan gunakan kata kita maupun kami,  lebih baik gunakan kata saya saja, dan jangan gunakan kata biasanya. Proses wawancara akan direkam juga.

1. Berapa lama lulus kuliah dan berapa IPK anda?
2. Apa judul tugas akhir anda dan jelaskan secara singkat?
3. Jika Anda sudah bekerja mengapa ingin keluar dari perusahaan anda sebelumnya?
4.  Sebutkan satu contoh dimana anda merasa berhasil?
5. Tantangan berat apa yang pernah anda alami dan bagaimana cara mengatasinya?
6. Bagaimana anda menyikapi perubahan yang ada?
7. Pernahkan anda sebel/ marah terhadap orang lain?
8. Apakah anda mengetahui value yang ada pada garuda?
9. Salah satu value garuda adalah efektif dan efisien , sebutkan satu contoh anda melakukan sebuah keefektifan dan efisiensi?
10. Pada saat kuliah pernahkah anda diabsenkan/ mengabseni teman ?
11. Pernahkah  anda mencontek atau memberi contekan?
12. Sudah daftar di perushaan mana saja?
13. Mengapa milih garuda?


To be continue… semoga sukses J

0 komentar :

by Hadi Pambudi

Featured Posts Coolbthemes

Pages

Followers